Saturday 13 June 2015

Pentingnya Membuat Email dan Cara Membuat Email Baru

Cara Membuat Email | Apakah Anda adalah tipe yang suka dengan kegiatan surat menyurat? Pada zaman internet masih belum sepopuler sekarang, untuk berkomunikasi satu dengan yang lain manusia menggunakan surat dan telegram untuk saling bercerita. Namun kini surat menyurat tidak lagi sepopuler dulu meskipun masih banyak digunakan oleh instansi atau perusahaan untuk urusan yang resmi. Fungsi surat menyurat kini sudah digantikan dengan email yang lebih mudah digunakan dan jauh lebih cepat sampai tujuan.

Fungsi dan Kegunaan Email Dalam Kehidupan Modern


Dengan munculnya email mungkin budaya menulis tangan makin lama makin tergerus oleh teknologi, padahal ada nilai romantisme dan intim yang ada pada sepucuk surat dan tidak bisa tergambarkan di email. Email secara sederhana adalah surat elektronik yang dihubungkan dengan jaringan internet di mana satu orang dengan yang lainnya bisa surat menyurat dalam hitungan detik saja meski jaraknya sangat jauh. Meski ada kekurangannya, email memiliki manfaat dan kegunaan yang memudahkan manusia dalam berkomunikasi.

Jika Anda masih ragu dengan pentingnya memiliki email dalam kehidupan sehari-hari, berikut adalah fungsi dan kegunaan email:

1. Mengirimkan data digital bersamaan dengan isi surat yang ingin disampaikan. Misalnya Anda bisa menyertakan file foto hewan peliharaan Anda kepada keluarga yang berada di negara yang berbeda atau bisa juga menyampaikan file data penting yang diperlukan kepada bawahan Anda di pekerjaan.

2. Tidak membutuhkan waktu berhari-hari bahkan berbulan-bulan untuk menyampaikan surat melalui email. Surat Anda akan sampai ke tujuan atau alamat email tujuan hanya dalam hitungan detik. Jika email tidak berhasil dikirim, Anda akan diberitahui oleh perusahaan email mengapa surat bisa tidak sampai, misalnya karena Anda salah mengetikkan alamat email tujuan.

3. Jika Anda ingin membuat akun sosial media, atau mendaftar di sebuah forum komunitas atau bahkan berbelanja secara online, mereka akan meminta alamat email Anda sebagai syarat pendaftaran. Hal ini nantinya akan memudahkan situs-situs tersebut untuk mengirim pemberitahuan kepada Anda dan memastikan bahwa yang mendaftar benar-benar adalah manusia yang aktif bukan sekedar virus komputer.

4. Jika berkirim pesan dengan surat hanya bisa mengirimkan kepada satu alamat saja, maka dengan email Anda bisa mencantumkan lebih dari 1 alamat di bagian alamat tujuan sehingga Anda bisa memberikan pengumuman kepada banyak orang hanya dalam satu waktu

5. Jika Anda tidak suka dengan nama alamat rumah Anda karena berbagai alasan, dengan email Anda bebas memberi nama alamat email sesuka hati Anda. Alamat email diawali dengan nama yang Anda sukai kemudian diikuti dengan simbol @ (dibaca ‘et / at dalam bahasa Inggris’) lalu nama perusahaan email. Misalnya Anda membuat email melalui yahoo maka alamat menjadi namapilihan@yahoo.com.

Setelah yakin dengan fungsi dan kegunaan membuat sebuah alamat email, kini saatnya Anda membuat akun Anda sendiri. Bagaimana caranya berikut akan diberikan langkah-langkah cara membuat email.

Cara Membuat Sebuah Alamat Email


1. Ada dua cara untuk membuat akun email dari yahoo, yang pertama adalah dengan mengetikkan alamat url https://edit.yahoo.com/registration dan yang kedua adalah dengan mengetikan alamat url https://login.yahoo.com/config/mail?.intl=id. Jika Anda menggunakan cara yang kedua maka akan ada tampilan seperti gambar berikut ini :

Cara Membuat Email Baru di Yahoo

Klik tombol “buat account” untuk membuat akun baru email.

2. Setelah itu cara masuk manapun yang Anda pilih pada nomor 1, Anda akan masuk ke halaman dengan tampilan seperti berikut :

Form Pendaftaran Email Baru di Yahoo

3. Berikutnya Anda tinggal mengisi data-data yang diperlukan dan disediakan kolomnya pada halaman tersebut dengan diusahakan data sebenarnya karena jika Anda tidak memasukkan data yang benar, perusahaan berhak menghapus akun email Anda karena dianggap berbahaya dan bisa merugikan Anda di masa datang.

4. Setelah memastikan data yang diisi sudah benar dan tidak memerlukan koreksi, langkah selanjutnya adalah klik tombol “buat account” lalu masuk ke tahapan selanjutnya.

5. Pada tahap akhir, Anda akan disuguhi tulisan aneh dan kadang sulit dibaca yang disebut dengan captcha. Fungsi kode ini adalah untuk meyakinkan situs bahwa Anda adalah manusia dan bukan program virus. Anda diharuskan untuk menuliskan kembali kode ini di kolom yang sudah disediakan dengan persis apa yang ditunjukan. Jika salah, maka Anda harus memasukkan kode lagi dengan kode yang berbeda. Berikut adalah contoh tampilan kode capctha :

Verifikasi Email Baru di Yahoo


6. Setelah Anda merasa kodenya sudah benar, silahkan klik “kirim kode” dan tunggu halaman loading hingga muncul gambar seperti ini :

Akun Email Berhasil Dibuat


Gambar tersebut menandakan akun email Anda sudah jadi dan Anda bisa segera menggunakannya untuk apa saja sesuai dengan fungsi yang telah dijelaskan di atas.

Dalam membuat sebuah email, yang paling banyak menyita waktu adalah pada bagian pengisian data. Pada bagian ini banyak pengguna yang kebingungan mencari nama alamat email yang pas karena situs email tidak mengijinkan adanya nama alamat email yang sama persis dengan pengguna lain. Oleh karena itu agar Anda tidak bingung, berikut akan dijelaskan cara membuat email dengan mengisi data yang benar :

1. Data nama

Karena dibuat oleh warga negara Barat yang memiliki budaya penamaan dengan nama depan dan nama belakang, maka di sini Anda akan diminta untuk menyebutkan nama depan dan belakang Anda. Mayoritas orang Indonesia tidak memiliki nama belakang, jadi misalnya nama Anda adalah Agus Riyadi Suparno, maka Anda bisa memasukkan nama depan dengan Agus, dan nama belakang adalah Suparno.

2. Nama pengguna yahoo

Kotak ini adalah untuk menentukan alamat email Anda. Jika bisa carilah nama yang mudah diingat namun kira-kira belum digunakan orang. Misalnya jika ahmadfaisal@yahoo.co.id sudah dipakai, Anda bisa menambahkan angka tahun kelahiran misalnya ahmadfaisal99@yahoo.co.id dan sebagainya. Dalam membuat nama email, jangan diawali dengan angka, tidak boleh dengan spasi, tetapi Anda bisa menyisipkan garis bawah ( _ ).

3. Kata sandi

Kata sandi atau password digunakan untuk masuk ke dalam akun Anda ibaratnya seperti kunci kotak pos. Pilih kata sandi yang mudah Anda ingat namun tidak mudah ditebak orang lain. Jika perlu gunakan kombinasi huruf dan angka dan panjangnya lebih dari 6 karakter.

4. Nomor ponsel

Dalam kotak ini sudah disediakan kode negara sesuai dengan negara Anda tinggal. Untuk Indonesia kodenya adalah +62 atau 0 sehingga dalam memasukan nomor ponsel Anda tidak perlu lagi menulis angka 0 pertama pada nomor ponsel. Nomor ponsel penting untuk memberikan Anda kode jika suatu hari nanti Anda tidak bisa membuka email karena lupa kata sandi.

5. Tanggal lahir, jenis kelamin, dan data profil lainnya sudah cukup jelas dan mudah untuk diisi.

No comments:

Post a Comment