Monday 15 June 2015

Cara Membuat Email Baru di Cpanel

Membuat email di Cpanel berbeda dengan membuat email pada situs lain. Anda bisa menggunakan akhiran dengan nama domain web anda. Misalnya anda ingin membuat email dengan nama anda sendiri, maka akan menjadi namaanda@namadomainwebsiteanda.com.  Dengan demikian anda bisa lebih mudah berinteraksi dengan konsumen atau partner bisnis online anda. Cara membuat email baru di Cpanel pun tidak sulit dan cukup mudah dilakukan bila anda telah memiliki website sendiri.

Langkah-langkah membuat email baru di CPanel adalah :

1. Login ke Cpanel dengan cara klik http://nama-domain-anda.com/cpanel atau bisa juga mengakses http://nama-domain-anda.com:2082.

2. Setelah sukses login, cari email account pada website anda.

Cara Membuat Email Baru di Cpanel

3. Kemudian akan muncul gambar seperti ini dan isilah keterangannya.

Form Pendaftaran Membuat Email Baru di Cpanel

Keterangan :

  • Email: isi dengan nama email yang anda inginkan.
  • Password: ketik password email. Usahakan yang mudah diingat.
  • Strength: akan mendeteksi kekuatan dari password anda. Jika terlalu lemah, gantilah password hingga password generator menunjukkan kuat.
  • Mailbox Quota: ada 2 pilihan. Bisa anda isi sendiri berapa besar kapasitas email yang anda terima atau pilih unlimited. Artinya tidak ada batas kuota penerimaan email. Sebanyak apapun kapasitas email anda, tetap bisa diterima.

Setelah itu klik create account atau membuat akun. Dengan mengklik tombol tersebut, permintaan pembuatan email anda akan diproses dan anda akan segera menerima pemberitahuan kalau email anda berhasil diproses.

4. Kemudian akan muncul gambar seperti ini.

Email Baru di Cpanel Berhasil Dibuat

Gambar ini adalah pemberitahuan. Dengan adanya tulisan account created dengan centang hijau, email anda sudah bisa digunakan.

Di sebelah bawah dari account domain ada nama email anda.

  • Change Password: digunakan untuk mengubah password sebelumnya dengan yang anda inginkan.
  • Change Quota: digunakan untuk mengubah quota atau besarnya kapasitas email yang bisa anda terima.
  • Usage/Quota/%: penggunaan kapasitas email yang telah anda terima.
  • Delete: menghapus akun email anda.
  • More: pilihan lebih banyak. Ada 2 macam, yaitu access webmail, anda bisa langsung mengakses webmail klien di link ini dengan sekali klik. Configure mail client, email klien/software anda akan dikonfigurasi secara otomatis. Jadi anda tidak perlu melakukan konfigurasi secara manual.

Setelah sukses membuat email baru di Cpanel, maka untuk bisa login lagi ke email yang sudah anda buat cukup klik  http://www.namadomainanda.com/webmail/. Lalu masukkan nama email anda dengan format nama-email@nama-domain-anda.com dan masukkan password yang telah anda buat. Tidak terlalu susah bukan membuat email baru di Cpanel?

Apa keunggulan membuat email di Cpanel? Yang jelas email anda akan terlihat profesional dan berkelas karena menggunakan nama perusahaan atau domain anda. Dengan kesan profesional ini, makin banyak klien yang menjadikan anda partner dalam bisnis. Tidak hanya itu, email Cpanel memiliki banyak fitur seperti fitur antispam yang berguna mencegah masuknya email-email spam dan fitur forwarding untuk meneruskan email anda ke email orang lain. Ada pula fasilitas autoreply yang berguna membalas secara otomatis semua email yang masuk ke inbox anda. Tidak perlu membuang banyak waktu bukan?

Asalkan memiliki domain dan website sendiri, membuat email baru di Cpanel semakin mudah. Biayanya ringan dan tidak membebani para pemilik hosting. Email juga lebih terlindungi dari virus karena sangat mudah sekali memindai virus yang masuk ke akun email Cpanel anda. Sehingga semua informasi yang ada di email Cpanel anda lebih aman tanpa gangguan virus dan tidak perlu mengeluarkan biaya untuk mengusir virus di email anda.

Dalam menjalankan urusan bisnis, kecepatan dalam merespon klien adalah yang utama. Dengan membuat email baru di Cpanel akan semakin mempermudah anda membalas pertanyaan atau permintaan dari klien. Dengan keunggulan berupa kecepatan dalam mengimport file dari komputer, anda bisa melampirkan beberapa dokumen penting langsung dari PC/laptop anda dengan cepat. Segala informasi yang masuk dan berkaitan dengan bisnis online anda bisa langsung diterima dan ditanggapi. Selain itu, anda bisa mengonfigurasikan php website anda sesuai keperluan.

Ternyata cukup mudah bukan membuat email baru di Cpanel? Selain kelihatan profesional, email anda akan mengundang lebih banyak lagi partner bisnis. Beberapa keunggulan yang dimiliki oleh email Cpanel yaitu memiliki banyak fitur mulai antispam sampai autoreply seharusnya membuat anda segera menciptakan email dengan nama dan domain anda sendiri. Hanya perlu memiliki satu website saja, email baru di Cpanel dapat anda buat dan dapatkan banyak manfaatnya. Email ternyata dapat menjadi penentu jadi tidaknya seseorang bergabung dengan bisnis anda ya? Jika membuat email semudah langkah-langkah di atas, maka tidak ada alasan untuk menundanya. Menggunakan domain email seperti orang banyak tidak terlihat menarik dan juga tampak tidak profesional.

No comments:

Post a Comment