Monday 15 June 2015

Cara Membuat Email Baru di Hotmail

Membuat email baru di hotmail sangatlah cepat dan juga mudah. Namun sebelumnya, pada artikel ini akan dijelaskan secara singkat tentang email, dan kemudian Hotmail yang akan anda pelajari selanjutnya. E-mail adalah kependekan dari Electronic mail atau surat elektronik. Pada zaman modern seperti sekarang ini, adanya email menjadi keuntungan tersendiri bagi para penggunanya. Dengan E-mail, anda tidak perlu susah-susah untuk berkirim surat kepada teman atau kerabat. Hanya dengan terkoneksi dengan layanan internet, anda sudah dapat mengirim surat dengan leluasa dan tidak perlu membayar biaya yang mahal.

Seperti yang telah diketahui, Windows Live Hotmail adalah layanan email gratis yang diberikan oleh Microsoft untuk memudahkan para penggunanya dalam berkirim surat. Pada awalnya, Hotmail dikembangkan oleh Sabeer Bathia dan Jack Smith, hingga akhirnya dibeli oleh software Microsoft. Pembelian yang dilakukan oleh Microsoft membuat Hotmail berganti-ganti nama, dari MSN Hotmail hingga Windows Live Hotmail yang kemudian diresmikan pada tahun 2005. Cara membuat email baru di Hotmail tergolong mudah, sehingga orang awam pun dapat membuatnya hanya dengan mengisi formulir pendaftaran yang telah disediakan.

Tutorial membuat email baru di Hotmail adalah sebagai berikut :

1. Ketikkan alamat https://login.live.com di address bar. Walaupun Hotmail dapat dibuka di browser-browser lain seperti Firefox, Chrome, dan Opera, namun sangat dianjurkan untuk membuka Hotmail melalui browser Internet Explorer yang juga merupakan produk dari software Microsoft.

2. Selanjutnya akan muncul tampilan seperti di bawah ini. Klik “Sign up now” di sebelah kanan bawah.


3. Setelah sign up, anda akan dibawa ke laman pengisian formulir pendaftaran. Formulir tersebut berisi beberapa informasi pokok dan penunjang untuk melengkapi pendaftaran email di Hotmail, informasi-informasi tersebut adalah :

  • First name (nama depan) dan last name (nama belakang).
  • User name, adalah nama yang ingin anda tampilkan di hotmail, contoh hanyacontoh@saja.com
  • Password, isi password minimal 8 karakter untuk menjaga keamanan email.
  • Reenter password, isi ulang password.
  • Country/region, isi dengan nama negara tempat anda tinggal.
  • Birthdate, adalah tanggal lahir. Isi berurutan dimulai dari Month (bulan), Day (hari), dan Year (tahun).
  • Gender, adalah jenis kelamin. Anda tinggal meng-klik salah satu dari 3 pilihan yang tertera di sana, yaitu Male (laki-laki), Female (perempuan), dan Not specified (tidak ada spesifikasi).
Kemudian ada informasi penunjang yang diberikan untuk memperketat keamanan email, yaitu :

  • Country code (kode negara), contohnya diisi dengan angka +62 untuk kode negara Indonesia.
  • Phone number, isi dengan nomor telepon yang anda miliki.
  • Kemudian, anda diharuskan mengisi kotak captcha untuk mendeteksi apakah anda sistem robot atau bukan dengan cara mengetik tulisan atau angka yang keluar pada kotak captcha.
  • Setelah itu kita klik “Create account” untuk mendapatkan akun email di Hotmail.

4. Setelah meng-klik “Create account”, maka akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini yang menunjukkan bahwa pengisian formulir pendaftaran membuat email baru di Hotmail telah berhasil dilakukan.


5. Jika anda ingin memakai email di Hotmail yang telah dibuat, maka cukup meng-klik “Sign in”.

Keuntungan memakai Hotmail salah satunya adalah dapat menikmati dan menggunakan berbagai layanan dari Microsoft. Karena selain dapat berkirim surat, mendaftar di Hotmail juga bisa mendapatkan ID untuk menggunakan layanan-layanan yang diberikan oleh Microsoft. Jadi, hanya dengan mendaftar di Hotmail, anda dapat langsung menikmati bermacam-macam layanan yang berbasis Microsoft. Keuntungan lainnya adalah adanya virus scanning dan fitur anti spam yang diberikan oleh Microsoft untuk menjaga email dari virus berbahaya dan dari email-email yang tidak diinginkan (bersifat sampah). Namun, karena adanya virus scanning dan fitur anti spam akan mengakibatkan kecepatan akses yang semakin lambat atau lelet.

Keuntungan membuat email baru di Hotmail yang berikutnya adalah banyaknya fitur-fitur yang diberikan oleh Microsoft untuk memudahkan akses para penggunanya, salah satunya ada fitur kontrol keyboard yang dapat menavigasi seluruh halaman email tanpa adanya penggunaan mouse. Fitur-fitur unik lainnya adalah adanya integrasi Hotmail dengan Office Web Apps, di mana para pengguna dapat langsung membuka, menyimpan, bahkan mengedit lampiran-lampiran berupa dokumen dalam Live skydrive. Sesuai dengan penjelasan singkat di atas, bahwa pendaftaran Hotmail dapat memberikan para pengguna akses ke berbagai layanan dari produk Microsoft.

Windows Live Hotmail memberikan kemudahan dalam pendaftaran serta memudahkan para pengguna dengan menyediakan berbagai fitur di dalamnya. Banyak layanan-layanan lain yang juga memberikan fitur-fitur unik untuk memudahkan para pengguna dalam ber-email ria, namun Windows Live Hotmail adalah salah satu layanan yang patut dicoba. Itulah penjelasan singkat mengenai tutorial membuat email baru di Hotmail. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat kepada para pembaca.

No comments:

Post a Comment