Sunday 14 June 2015

Cara Membuat Email Baru dengan Mudah

Saat internet telah memasuki babak baru, membuat email baru merupakan aktivitas yang tidak aneh lagi. Dengan digunakannya internet dalam semua aktivitas manusia, email menjadi salah satu produk internet yang banyak sekali digunakan. Sebagai fitur berkirim surat gratis lewat internet, email tentunya memiliki banyak sekali penggemar dan penggunanya. Selain tidak dipungut biaya, Anda bisa mengirimkan surat dalam bentuk tulisan, gambar atau foto hingga format video digital dengan kecepatan yang hanya membutuhkan waktu beberapa detik. Beberapa penyedia layanan email bahkan menyediakan penyimpanan yang luar biasa besar untuk menampung semua kegiatan surat-menyurat elektronik yang Anda lakukan.

Cara Membuat Email Baru dengan Mudah

Penyedia Layanan Email


Sejak internet mendunia, penyedia layanan email tidaklah dapat ditemui sebanyak sekarang. Dulunya penyedia email gratis hanya dilakukan pertama kali oleh salah satu penyedia layanan email terbesar. Namun kini penyedia layanan email sudah banyak sekali ditemukan. Berikut ini beberapa penyedia layanan email yang dikenal di dunia maya:

Yahoo. Perusahaan penyedia email yang satu ini adalah penyedia email raksasa paling lama. Sebelum bersaing dengan para penyedia email gratis lainnya, Yahoo telah menjadi pelopor penyedia layanan email gratis. Karena itu Yahoo memiliki pengguna yang luar biasa banyak. Beberapa fitur yang disediakan Yahoo terbukti telah memudahkan para pengguna Yahoo untuk terus setia memanfaatkan layanan membuat email baru yang disediakan Yahoo. Beberapa kelebihan yang dimiliki Yahoo adalah adanya fitur Yahoo Messenger. Fitur yang banyak digunakan untuk kepentingan chatting ini banyak sekali digemari pengguna Yahoo terutama anak muda. Yahoo menjadi pelopor fitur chatting yang cukup mudah digunakan saat itu. Selain fitur YM, Yahoo juga menyediakan tempat penyimpanan yang cukup besar. User interface yang dimiliki Yahoomail juga sangat menarik sehingga sangat mudah dan banyak diminati banyak orang.

Yahoo
 
Gmail. Penyedia layanan email gratis gmail merupakan layanan yang disediakan Google. Sebagai salah satu raksasa dunia maya, Google tentu tidak mau kalah dengan Yahoo dalam memanjakan pengguna setianya. Dan fasilitas email gratis ini telah ada beberapa lama dan kini telah mengalami perkembangan yang cukup pesat. Selain sistem keamanannya yang sangat ketat, sekali Anda memiliki akun Google, maka Anda memiliki akses masuk ke Google lainnya tanpa harus login ulang. Sekarang pengguna Gmail sudah sama banyaknya dengan Yahoo.

Gmail (Google Mail)

Kelebihan yang ditawarkan Gmail adalah adanya fitur POP dan IMAP yang sangat bermanfaat saat menggunakan email client semisal outlook express atau penggunaan pada aplikasi ponsel. Selain itu terdapat fitur Gtalk yang digunakan untuk chatting antar sesama pengguna Gmail. Walapun fitur ini tidak sepopuler Yahoo Messenger tapi penggunanya terbilang cukup banyak. Dan yang membuat Gmail sangat disukai adalah karena adanya tawaran media penyimpanan yang sangat besar sehingga email Anda dapat menerima file berukuran besar.

Hotmail. Penyedia layanan email gratis lainnya adalah windows live hotmail. Sebelum menjadi windows live hotmail, namanya lebih dikenal dengan MSN hotmail atau hotmail. Layanan ini diberikan kepada para pengguna internet oleh microsoft sebagai perusahaan yang merupakan bagian dari windows live group. Pertama kali diluncurkan pada tahun 1996 oleh Sabeer Bhatia dan Jack Smith. Namanya pertama kali saat diluncurkan adalah HoTMaiL. Salah satu fiturnya yang cukup luar biasa adalah dapat mendeteksi email masuk terdeteksi sebagai spam atau tidak. Sehingga email hanya bisa menerima email dari pengirim yang Anda kenal.

Hotmail

Penyedia layanan email gratis tidak hanya Yahoo, Gmail dan Hotmail. Beberapa penyedia layanan email gratis seperti AIM Mail, GMX Mail, Inbox.com, hingga Mail.com dan Plasa.com masih disediakan. Namun di Indonesia hanya Gmail, Yahoo dan Hotmail yang masih banyak dipilih oleh para pengguna internet. Ketiga raksasa penyedia email tersebut memang memberikan banyak sekali fitur yang memudahkan penggunanya untuk beraktivitas mengirimkan email. Karena itu tiga raksasa tersebut lebih banyak dipilih untuk mengirimkan email.

Membuat Email Baru


Gmail

Untuk bisa membuat akun di Gmail, Anda tidak perlu mengalami kerumitan dalam menjalankan registrasi. Fitur-fitur yang disediakan Gmail telah menjamin kemudahan bagi penggunanya untuk membuat akun dan juga berkirim email. Berikut ini langkah-langkah membuat email baru di Gmail:

  1. Akses lebih dulu www.gmail.com.
  2. Anda akan berada dihalaman yang menunjukkan kolom masuk atau membuat akun baru. Pilih akun baru untuk mulai membuat akun Gmail Anda.
  3. Setelahnya Anda akan diarahkan menuju halaman registrasi akun. Beberapa isian data harus Anda penuhi untuk membuat akun Anda di Gmail. Isikan data Anda secara benar termasuk nomor ponsel. Biasanya nomor ponsel ini digunakan admin Gmail untuk mengirimkan kode verifikasi. Nantinya kode verifikasi ini akan digunakan untuk melengkapi proses pendaftaran akun Gmail Anda.
  4. Setelah Anda mengisi semua data pribadi Anda, klik lanjut atau next. Anda akan diarahkan menuju halaman verifikasi nomor ponsel Anda. Cek sekali lagi nomor ponsel Anda dan pilih kirimkan kode verifikasi melalui SMS. Tidak sampai satu menit, Anda akan menerima kiriman kode verifikasi. Masukkan kode yang telah Anda dapat dan pilih lanjutkan.
  5. Anda sudah mendapatkan akun Gmail Anda. Saatnya melengkapi tampilan akun Gmail Anda dengan menyisipkan foto profil. Nantinya foto profil ini akan langsung terhubung dengan akun google lainnya seperti Google+. Tapi Anda tetap bisa melewati langkah ini dengan memilih lanjut atau next.
  6. Setelahnya Anda pilih lanjut ke Gmail. Anda akan langsung terhubung dengan kotak masuk email baru Anda. Silahkan mulai berkirim surat eletronik Anda ke seluruh dunia.

•  Yahoo

Sebagai penyedia layanan email gratis terlama, untuk bisa masuk ke Yahoo cukup mudah. Hanya dibeberapa daerah yang tidak memiliki koneksi internet bagus, Yahoo cukup sulit diakses. Berikut ini langkah-langkah membuat akun di Yahoo:

  1. Akses terlebih dahulu halaman www.yahoomail.com.
  2. Anda akan diarahkan ke halaman masuk akun Yahoo. Untuk membuat akun baru di Yahoo, Anda harus mengklik tombol "Create Account" atau "Buat Account" hingga Anda diarahkan menuju registrasi data pribadi.
  3. Anda juga bisa mengakses halaman https://edit.yahoo.com/registration?.lang=id-ID&.intl=id yang akan langsung mengarahkan Anda ke halaman registrasi data pribadi Anda.
  4. Isikan data pribadi Anda dengan benar hingga nomor ponsel Anda. Isian mengenai nomor pemulihan opsinonal dapat Anda abaikan. Atau Anda bisa juga mengisinya untuk mendapatkan konfirmasi mengenai akun Yahoo Anda jika suatu saat nanti Anda lupa password atau saat saat akun Anda dibuka paksa pihak lain.
  5. Jika semua data telah terisi, pilih pendaftaran email Yahoo. Anda akan diarahkan ke halaman yang meminta Anda mengisikan kode captha. Isikan kode yang tertera dan silahkan pilih kirim kode. Anda telah berhasil mendapatkan akun Yahoo Anda. Pilih persiapan awal untuk mengelola akun Yahoo Anda.
  6. Anda dapat mulai membuat email baru dengan memilih tulis email. Penuhi tujuan dan subyek email Anda dan pilih kirim.

No comments:

Post a Comment