Saturday 13 June 2015

Cara Membuat Email Baru Di Gmail Yang Cepat

Ketika ingin membuat email sebaiknya Anda tahu persis cara membuat email baru. Hal ini berguna agar Anda tak membuang-buang waktu dan juga agar Anda tak pernah kehilangan alamat email Anda tersebut. Ada banyak sekali layanan email gratis yang bisa Anda manfaatkan, mulai dari Yahoo Mail, AOL hingga Gmail. Masing-masing penyedia email memberikan fitur dan kelebihan yang berbeda-beda, oleh sebab itu jika ingin membuat email baru, mulailah dengan mengetahui layanan yang diberikan. Hal ini penting karena email biasanya dipergunakan untuk membantu pekerjaan dan mengirimkan informasi  yang berharga.

Memilih Layanan Email Baru


Sebelum Anda lanjut ke cara membuat email baru, mulailah dengan memilih layanan email. Hal ini mudah dilakukan karena sebagian besar orang akan membuat email di Gmail.com. Namun alasan untuk memilih membuat email di Gmail jangan karena banyak orang yang melakukan hal yang sama, namun perhatikan keuntungan yang Anda dapat. Saat ini smartphone Android benar-benar merajai pasaran. Tak hanya karena memiliki fitur-fitur terkini namun juga karena murah. Nah, jika Anda mempunyai ponsel Android, maka mau tak mau Anda harus memiliki email di Gmail.com. Hal ini memudahkan Anda untuk melakukan setting pada smartphone Android Anda. Tahukah Anda jika Gmail adalah singkatan dari Google Mail, yaitu layanan email gratis dari Google, perusahaan yang juga membuat Android. Jadi Gmail nantinya akan berguna untuk Anda saat Anda memiliki smartphone Android. Perlu Anda ketahui, untuk memanfaatkan smartphone Android dan segala fitur-fitur didalamnya, Anda perlu login ke akun Google Anda, yaitu dengan masuk ke email Gmail milik Anda sendiri. Setelah login maka semua fitur, termasuk Google Play Store akan langsung bisa dimanfaatkan. Jadi dengan kata lain, memiliki sebuah akun email di Gmail adalah suatu keharusan bagi semua orang  yang memanfaatkan smartphone dengan OS Android. Oleh sebab itu langkah berikutnya yang harus Anda ketahui adalah cara membuat email baru di Google Mail atau Gmail, beginilah caranya.

Membuat Akun Email Google Mail


Cara membuat email baru di Google Mail atau Gmail sangat mudah. Pada dasarnya proses pembuatan email sama saja yaitu mengisikan identitas pribadi, nama email dan password. Namun untuk Gmail ada beberapa hal yang berbeda. Yang pertama-tama harus Anda lalukan adalah masuk ke https://gmail.com. Kemudian klik tombol “Create an account”.

Cara Membuat Email Baru Di Gmail

Setelah itu akan muncul sebuah form yang harus Anda isi dengan komplit. Form tersebut berisi nama (dua kolom, masing-masing berisi nama depan dan nama belakang), berikutnya ada kolong nama user atau nama email Anda. Untuk memilih nama email, Anda harus hati-hati dan bisa saja nama yang Anda pakai telah dipakai terlebih dahulu oleh orang lain. Oleh sebab itu masukkan nama yang unik yang kira-kira belum dipakai orang lain. Setelah itu Anda diminta mengisi kolom sandi atau password. Untuk password buatlah yang kira-kira tak bisa ditebak orang lain. Jangan gunakan tanggal ulang tahun, nama asli, nama pacar, kombinasi huruf keyboard seperti QWERTY, dan juga nama ayah/ibu. Sebisa mungkin nama unik yang hanya Anda yang tahu. Penulisan password juga harus dikombinasikan dengan huruf, angka dan karakter. Misalnya Anda ingin membuat password “bungamelati” jangan ditulis “bungamelati’ namun bisa ditulis ‘bung4m3lat1” atau “8ung4m3l4t!” Anda harus ingat betul penulisan password tersebut jangan sampai lupa. Selanjutnya pada kolom dibawahnya, Anda harus mengkonfirmasi password tadi dengan menuliskanya sekali lagi. Dibawah kolom konfirmasi password ada kolom identitas Anda yang meliputi tanggal, bulan dan tahun lahir. Sebaiknya Anda isi dengan sejujurnya, sesuai dengan kartu identitas Anda agar jika suatu saat Anda lupa password, Anda bisa me-recovery password tersebut dengan memasukkan data-data Anda kembali.

Selanjutnya Anda pilih gender atau kelamin. Jika Anda laki-laki maka pilih laki-laki/male, jika perempuan pilih perempuan/female. Dibawah kolom tersebut ada kolom ponsel dan kolom email Anda saat ini, dimana Anda harus mengisikan nomor ponsel Anda dan juga alamat email yang saat ini Anda punyai. Kedua kolom ini penting  yaitu untuk verifikasi email Anda dan juga untuk recovery. Setelah itu Anda harus melakukan verifikasi jika Anda bukanlah semacam robot pembuat email dengan cara mengisikan huruf/kata/nomor yang tertera pada gambar kedalam kolom yang disediakan. Setelah itu pastikan Anda mengisikan centang pada persetujuan persyaratan layanan dan kebijakan privacy Google. Setelah itu klik tombol dengan tulisan next step/langka selanjutnya.


Jika nama email yang Anda pilih belum ada yang mempergunakan, maka Anda akan langsung dibawa ke halaman Selamat Datang di Google Mail. Namun jika email Anda sudah ada yang mempergunakan maka Anda akan diminta mengisikan lagi nama email yang lain. Biasanya langkah ini harus diikuti pula dengan mengisikan kembali password Anda sebanyak 2x. Jika sudah jadi maka Anda bisa langsung masuk ke halaman Gmail yaitu di menu defaultnya yang berupa inbox. Jika sudah sampai tahap ini maka Anda sudah bisa mempergunakan email tersebut untuk berkirim dan menerima email. Namun Anda bisa juga masuk ke bagian profile dan menambahkan foto Anda pada bagian profil display yang akan ditunjukkan pada saat chatting dan pada saat email Anda dibaca oleh orang lain. Tak hanya itu, cara membuat email baru di Gmail ini juga membuat Anda memiliki webcloude storage di Google Drive dengan kapasitas yang cukup besar untuk menyimpan semua data email dan juga data-data dari smartphone Android Anda.

Untuk membuat pengaturan yang diperlukan, cukup Anda masuk ke menu akun Google Anda (Gmail) yang bisa diakses dari antarmuka email Anda. Pada setting akun tersebut, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah melakukan verifikasi lewat ponsel. Caranya dengan request kode verifikasi yang akan dikirimkan ke nomer yang Anda masukan saat registrasi. Setelah kode didapat, masukkan kode tersebut ke form yang tersedia pada setting akun dan email Anda sudah terverifikasi. Jika nanti ada yang mencoba membobol email Anda, maka Google akan mengirimkan notifikasi ke ponsel sekaligus kode untuk verifikasinya. Perlu Anda ketahui, dari tampilan email Gmail tersebut Anda bisa mengakses banyak hal, antara lain YouTube, Google Drive, dan bahkan untuk keperluan blogging. Anda juga bisa melakukan chatting dengan kontak-kontak di email Anda atau mengaktifkan fitur Google+ yang interfacenya kurang lebih sama seperti FaceBook. Jadi dengan kata lain, Email Google atau Gmail adalah satu email yang memiliki banyak fitur-fitur istimewa. Kelebihan ini tak dimiliki layanan email lain seperti Yahoo dan AOL. Oleh sebab itu pahami dulu cara membuat email baru di Gmail ini agar Anda bisa menjelajah dunia dengan fitur-fitur istimewa buatan Google seperti Android dan lain sebagainya.

No comments:

Post a Comment